ads
Home » » Fakta Unik Indonesia

Fakta Unik Indonesia

Written By Ramadhan Fnw on Jul 6, 2011 | 11:18 AM




Berikut beberapa fakta unik tentang bangsa kita, yang mungkin belum kalian ketahui antara lain.:



1.Proklamator
Kalian pasti sudah kenal dengan Soekarno dan Hatta bukan? Mereka adalah tokoh yang memproklamirkan kemerdekaan bangsa ini. Tapi hingga posting ini diterbitkan, saya rasa belum ada nama jalan “Soekarno-Hatta” di kota tempat proklamasi bangsa Indonesia dilaksanakan (Jakarta). Bahkan 40 tahun setelah Indonesia Merdeka, nama mereka baru diabadikan menjadi nama bandara. Lebih parahnya lagi, mereka berdua baru di beri gelar “Proklamator” oleh pemerintah pada tahun 1986 atau 16 tahun setelah Soekarno wafat.



2.Ibu Kota
Sampai sekarang, Indonesia telah empat kali mengganti ibu kotanya. Bahkan dalam waktu yang relatif singkat. Yaitu Jakarta tahun 1945 sampai 1946, Yogyakarta tahun 1946 sampai 1948, Bukittinggi tahun 1948 sampai 1949 dan Jakarta 1950 sampai sekarang.


3.Suku dan Bahasa

Indonesia termasuk negara terbanyak yang memiliki suku bangsa, dengan lebih dari 740 suku bangsa. Maka dari itu, Indonesia juga negara terbanyak dengan 583 bahasa daerah dan logat. Sadar potensi bentrok antar etnis sangat besar terjadi, maka Pendiri Republik ini menyepakati semboyan Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika (Berbeda-beda tapi tetap satu juga)




4.Pulau
Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, dengan 17.508 pulaunya. Dan disini ada 3 dari 6 pulau terbesar didunia berada yaitu: Kalimantan, Papua, dan Sumatra. Tapi 60% penduduk Indonesia berada di Jawa meski luasnya hanya 7% dari luas seluruh kepulauan Indonesia. Uniknya lagi, ada 4 pulau yang kedaulatannya dimiliki bersama-sama. Yaitu: Kalimantan dimiliki 3 negara (Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam) Pulau Sebatik dikuasai 2 negara (Indonesia dan Malaysia), Pulau Timor dikuasai 2 negara (Indonesia dan Timor Leste), Pulau Papua dikuasai 2 negara (Indonesia dan Papua Nugini).


5.Hutan

Meski di Hutan Indonesia mencapai 138 juta hektar dan tempat hidup bagi 11% spesies tumbuhan dunia, 10% spesies mamalia dunia, dan 16% spesies burung dunia, namun pada tahun 2008 Guinness World Record memberi gelar Indonesia sebagai yang paling kencang laju kerusakan hutangnya, yaitu 1,8juta hektar pertahun.




6.17 Agustus

17 Agustus merupakan tanggal kelahiran Indonesia justru juga merupakan tanggal kematian pencetus pilar Indonesia. Yakni WR. Soepratman pencipta lagu Indonesia Raya wafat tahun 1937. Dan Herman Neubronner van der Tuuk pencetus ilmu bahasa Indonesia wafat tahun 1894.





7.Menteri Orang Indonesia
Menteri Indonesia setelah kemerdekaan bukan merupakan orang asli Indonesia, dikarenakan menteri-menteri tersebut lahir sebelum tanggal kemerdekaan Indonesia (17 Agustus 1945) yang berarti mereka pernah warga Hindia Belanda atau pada pendudukan Jepang. Dan baru 43 tahun setelah Indonesia merdeka, bangsa ini baru memiliki menteri yang benar-benar asli Indonesia dan menteri pertama yaitu Ir. Akbar Tanjung.




8.PBB
Mungkin hingga saat ini, Indonesia merupakan negara satu-satunya yang pernah keluar dari PBB. Tahun 1950, Indonesia bergabung dengan PBB sebagai anggota ke-20. Namun karna Soekarno (presiden negara Indonesia saat itu) sangat berang dengan keputusan PBB maka ia menarik keanggotaan Indonesia. Sebelum menarik keanggotaan Indonesia, Soekarno sempat berpidato dengan berapi-api di Sidang Umum PBB yang mendapat tepuk tangan yang luar biasa banyak bahkan juga sukses dalam menyelenggarakan Ganefo yang diikuti 2.250 atlit dari 48 negara di Asia, Eropa, Amerika dan Afrika serta diliput 500 wartawan asing. Saat itulah terakhir kalinya Indonesia memiliki pemimpin Superpower dan menjadi negara yang paling disegani dunia.



9.Pusat Belanja
Ibu kota Indonesia (Jakarta) memiliki tata ruang yang buruk. Kota ini telah didirikan 130 Pusat perbelanjaan. Dan menjadi kota yang memiliki pusat perbelanjaan terbanyak diantara kota-kota besar didunia lainnya.






10.Sepakbola





Sepakbola merupakan olahraga paling diminati di Indonesia namun sampai saat ini Tim Nasional Indonesaia belum pernah lolos ke Piala Dunia. Pernah satu kali, itu pun bukan membawa nama Indonesia melainkan Hindia Belanda. Meski dengan Brazil, Indonesia berada selisih satu tingkat di atasnya dengan negara terbanyak penduduknya. Namun prestasi sepakbola keduanya sangat berbeda jauh.



11.Hewan
Di Indonesia merupakan salah satu tempat tinggal berbagai fauna yang luar biasa. Salah satunya Komodo, hewan purba yang masih hidup dan kadal terbesar yang bisa mencapai bobot 90kg dan panjang 3 meter. Ditemukan juga di Sulawesi, ikan terkecil di dunia yang hanya sebesar nyamuk. Dan di Sulawesi terdapat primata terkecil di dunia yaitu Tersier Gunung yang panjangnya hanya 10cm. Bahkan di Indonesia sempat di temukan pula Ular terpanjang didunia yang memiliki panjang 10 meter yaitu Python Reticulates.


12.Ramah
Dunia sudah mengakui bahwa orang-orang di Indonesia adalah orang-orang yang paling ramah. Dan menurut survey The Smiling Report 2010, Indonesia adalah negara yang paling murah senyum dan paling baik dalam mengucapkan salam.







13.Latah

Penyakit yang membuat penderita tanpa sadar mengulang perkataan atau gerakan orang lain. Penyakit ini hanya ada di Indonesia selain itu juga terdapat di Suku Ainu (Jepang), masyarakat gurun Gobi dan sebuah suku di Perancis. Awalnya di Indonesia sendiri penyakit ini hanya ditemukan di Jawa, Sumatra dan pedalaman Kalimantan, namun lama-lama latah dianggap keren dan menjadi trend. Bahkan para selebritis pun menfaatkan latah untuk modal ketenaran. Eko Patrio salah satu artis latah.







14.Angka

Angka di Indonesia 1-9, jika kita jumlahkan 2 angka yang huruf depannya sama maka hasilnya Sepuluh.
Depannya S = Satu + Sembilan = Sepuluh
Depannya D = Dua + Delapan = Sepuluh
Depannya T = Tiga + Tujuh = Sepuluh
Depannya E = Empat + Enam = Sepuluh
Depannya L = Lima + Lima = Sepuluh






15.Ramalan Perihal Pemimpin
Indonesia merupakan negara yang paling kaya akan dunia mistis apalagi soal ramal-meramal. Yang paling misterius ramalannya adalah ramalan Prabu Jayabaya pemerintah Kediri tahun 400-an Masehi. Ramalannya yang paling tersohor dan penuh misteri adalah ramalan perihal siapa yang akan memerintah Indonesia.

Presiden pertama yang memerintah Indonesia (Soekarno), digambarkan sebagai orang:
-Memakai kopiah hitam (kethu bengi)
-Tidak punya ayah/ yatim
-Suaranya menggelegar
-Bergelar Serba Mulia (pemimpin besar Revolusi dan Panglima tertinggi ABRI)
-Suara Menggelegar
-Kebal senjata (selalu lolos dari percobaan pembunuhan)
-Lemah jika dirayu wanita cantik
-Tidak berdaya terhadap anak kecil (mundurnya Soekarno saat di demo mahasiswa)
-Sering mengumpat orang asing (anti imperialisme)

Presiden kedua yang memerintah Indonesia (Soeharto), digambarkan sebagai orang:
-Kaya raya
-Di dukung “kartikapaksi” (ini adalah lambang ABRI)
-Memakai topi baja hijau/ tutup kwali lumuten (militer)
-Menjadi pemimpin Dunia (Penggagas pembentuk ASEAN)
-Di gantikan oleh “raja negri sabarang”/ BJ. Habibie

Setelah era kedua, ia meramalkan sosok pemimpin yang digambarkan sebagai raja yang:
-Bergelar “satriya piningit”
-Yatim Piatu
-Lulus “weda jaya”
-Senjatanya Trisula
Semua ramalannya berupa kiasan, dan saya pun tidak banyak tahu artinya.

Dan satu lagi ramalannya yang masih misteri adalah 2 kata akhiran nama Presiden yang dirangkum dalam sebuah kata NOTONOGORO. Dan telah terbukti yaitu: soekarNO, soeharTO, yudhoyoNO. Sedang BJ. Habibie, Megawati dan Gus Dur tidak di hitung sebab tidak memerintah selama 1 pemerintahan. Konon presiden selanjutnya yang berakhiran “GO” akan memerintah Indonesia dan menjadikan makmur sejahtera. Siapa kah ia?
Share this article :

2 komentar:

Dokunimus said...

Begitulah indonesia, kaya akan keunikan dan perbedaan. Bhinneka Tunggal Ika.

by dokunimus.

Share Our Knowledge said...

@Dokuminus: Iya bener.. (sorry jwbnya satu abad) :D

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Share Our Knowledge - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger