ads
Home » » Tips membuat Puisi

Tips membuat Puisi

Written By Ramadhan Fnw on Jul 1, 2011 | 2:57 PM


Puisi merupakan ungkapan isi hati seseorang yang dirangkai dalam kata-kata bermakna yang tersusun indah dalam bait.

Untuk posting kali ini, saya akan membahas beberapa tips yang akan mempermudah kalian untuk membuat puisi..



Tips pertama: Tentukan tema keseluruhan isi puisi yang akan dibuat nantinya.

Tips kedua: Cari beberapa inspirasi untuk dilibatkan dalam puisi, misal inspirasi dari kehidupan nyata, lagu yang sering kita dengar bahkan seseorang yang kita sayang. Dan masih banyak sumber-sumber inspirasi.

Saya akan tulis salah satu puisi karya saya sendiri, mungkin tidak bagus-bagus amad sih, tapi moga dapat menjadi inspirasi kalian.

Tlah lama ku pendam semua
Tlah lelah ku bohong pungkiri rasa
Namun tak daya juga tuk ungkap
Ku hanya berharap dan berharap

Kau yang ku suka akankah kau paham
Rasa yang tlah lama terpendam
Semua yang ku harap akankah terjadi
Pantaskah aku kau cintai?

Nah, itu salah satu puisi saya moga mendatangkan inspirasi bagi kalian semua. Hehe..

Tips ketiga :Tulis beberapa kata yang ada dalam benak kalian, susun dalam beberapa baris. Usahakan tiap bait terdapat 4 baris (mungkin kalian sudah tau tentang ini) yang bersajak aabb ataupun abab, tapi jika tidak juga tidak masalah. Cz itu puisi maupun ungkapan isi hati, jadi terserah kreatifitas kalian yang menentukan.

Tips Keempat :Seleksi kata demi kata yang ada dalam baris-baris puisi tersebut. Hilangkan kata yang mungkin tidak terlalu dibutuhkan/ tidak terlalu penting. Dan ganti beberapa kata dalam baris tersebut dengan kata kias ataupun kata yang jarang kita dengar jika menurut kalian kata tersebut sering terdengar.

Tips Kelima: Usahakan setiap bait-bait tersebut saling terikat.


Hmmmm, mungkin cukup tips tersebut yang dapat saya berikan. Saya yakin akan bermanfaat selama kalian mau mencoba dan mencoba. Sekian. ^_^

Share this article :

0 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Share Our Knowledge - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger