ads
Home » » Apa itu Astronomi?

Apa itu Astronomi?

Written By Ramadhan Fnw on Oct 31, 2011 | 2:54 PM

  Astronomi ialah ilmu yang mempelajari benda-benda langit. Ilmu ini mempelajari asal-usul, evolusi, sifat fisik dan kimia benda-benda di luar bumi. Mungkin sekarang cukup banyak bidang yang pernah disertakan dalam ilmu astronomi meski sifatnya beragam misalnya: astrometri, pelayaran berbasis angkasa, astronomi observasional, sampai dengan penyusunan kalender dan astrologi. Namun meski begitu, astrofisika lah yang dianggap identik dengan astronomi profesional.
  Abad 20, astronomi profesional menjadi 2 cabang yaitu astronomi observasional dan astronomi teoretis. Astronomi Observasional, pengumpulan data hasil pengamatan benda-benda diluar bumi yang nantinya akan dianalisis menggunakan dasar-dasar fisika. Astronomi Teoretis, ilmu yang terpusat dalam upaya pengembangan model-model komputer/analisis yang nantinya akan digunakan untuk menjelaskan sifat-sifat benda langit dan fenomena alam lain.
  Dalam Astronomi sebagian besar informasi didapat dari deteksi dan analisis radiasi elektromagnetik, foton, tetapi informasi juga didapatkan dari sinar kosmik, neutrino, dan dalam waktu dekat gelombang gravitasional. Astronom adalah orang yang bekerja dalam ilmu astronomi ini. Dan mencoba memahami semua yang ada diluar bumi, pekerjaannya tertuju untuk mengamati. Para astronom tidak seperti fisikawan yang bisa melakukan percobaannya (mengotak-atik objek yang diteliti) di laboratorium,  karena laboratorium para astronom adalah alam semesta dan luar biasanya data yang diberikan semua gratis.

Singkat yang bisa saya rangkumkan tentang apa itu astronomi, semoga bermanfaat. :)

Share this article :

4 komentar:

Rama88 said...

ilmu astronomi sangat asik nih dipelajari,, hehehe,, thx infonya sob,, ^_^

Share Our Knowledge said...

iyaa, emang, apalagi fenomena" aneh diluar bumi. ^^

Anonymous said...

Mantab,, thx 4 the astronomi... :-D
by Andhika W.,,,

Share Our Knowledge said...

@Andhika: Okee sob,, sama" :D

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Share Our Knowledge - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger